You are here:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hangtuah Surabaya

Sambutan

E-mail Print PDF

Para peneliti yang terhormat,

 

Selamat datang di situs elektronik Komisi Etik Penelitian LPPM Universitas Hang Tuah, Surabaya. Komisi Etik Penelitian LPPM Universitas Hang Tuah adalah badan independen yang dibentuk melalui Keputusan Rektor Universitas Hang Tuah Nomor: Kep/147/XI/2012 pada tanggal 27 Nopember 2012.

Dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mengiringi kemajuan dunia yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, maka penelitian yang bermutu tinggi mutlak harus digalakkan. Penelitian yang bermutu tinggi adalah penelitian yang tidak hanya memenuhi syarat keunggulan ilmiah, namun juga memenuhi syarat kelayakan etik penelitian yaitu melindungi hak-hak dan kesejahteraan dari subyek penelitian, baik pada relawan manusia maupun hewan coba.

Dokumen internasional dan nasional yang menjadi pedoman etik penelitian yang melibatkan manusia dan hewan coba sebagai subyek penelitian antara lain adalah Helsinki Declaration (2008), International Ethical Guidelines for Biomedical Research Involving Human Subjects (CIOMS 2002), Guide for the Care and Use of Laboratory Animals (2011), Undang-undang Republik Indonesia No. 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, dan Pedoman Nasional Etik Penelitian Kesehatan (2011).

Untuk memudahkan peneliti, maka kami menyediakan sarana pendukung bagi peneliti untuk mengajukan kaji etik penelitiannya secara online, sehingga semakin banyak penelitian berkualitas yang akan dihasilkan dan dipublikasikan.

 

Selamat berkarya!

Komisi Etik Penelitian LPPM Universitas Hang Tuah