You are here:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hangtuah Surabaya

Lingkungan Laut

E-mail Print PDF

Latar Belakang

 Pusat Studi Lingkungan Laut merupakan bagian dari penjabaran visi dan misi Universitas Hang Tuah yang mengedepankan pola ilmiah pokok iptek kelautan.  Dengan menggunakan pola ilmiah tersebut maka lingkungan laut yang mencakup seluruah kawasan bahari menjadi obyek yang harus diperhatikan mengingat kawasan tersebut tidak terisolir dari beragam problema lingkungan.

Problema-problema seperti terkontaminasinya lingkungan pantai oleh berbagai cemaran yang mengakibatkan degradasi kualitas lingkungan sehingga membutuhkan kegiatan konservasi dan atau rehabilitasi, kurangnya data base tentang sumber daya dan kualitas lingkungan, hingga buruknya sanitasi-higiene masyarakat dan lingkungan bahari.

Berdirinya Pusat Studi Lingkungan Laut Universitas Hang Tuah diharapkan dapat menjadi jawaban atas munculnya berbagai isu lingkungan, khususnya di lingkungan bahari, baik lokal maupun regional. Dengan demikian pusat studi ini dapat  bermanfaat bagi masyarakat melalui peran sertanya yang lebih aktif dan nyata.

 Visi

Menjadi pusat kajian dan penelitian lingkungan yang mampu memberikan pelayanan jasa lingkungan serta tanggap terhadap isu-isu lingkungan lokal dan regional seiring dengan pola ilmiah pokok iptek kelautan.

Misi

  1. Menjadi pusat studi yang mampu melaksanakan kajian dan penelitian ilmiah di bidang lingkungan, khususnya lingkungan bahari,  sesuai dengan perkembangan isu-isu lingkungan, baik yang bersifat lokal, dan regional;
  2. Menjadi pusat studi yang mampu menyelenggarakan edukasi lingkungan, termasuk edukasi perilaku dan proses mental, sebagai upaya meningkatkan kesadaran lingkungan dalam perlindungan dan pengelolaan wilayah bahari kepada masyarakat;
  3. Menjadi pusat kajian yang mampu melaksanakan konservasi dan rehabilitasi lingkungan laut;
  4. Menjadi pusat pelayanan jasa lingkungan terutama yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat bahari.

Tujuan

  1. Melakukan kajian dan penelitian lingkungan, terutama lingkungan laut;
  2. Melakukan pemberdayaan lingkungan kepada masyarakat melalui edukasi kognitif maupun perilaku dan proses mental masyarakat bahari;
  3. Melakukan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan konservasi dan rehabilitasi lingkungan;
  4. Melakukan koleksi dan analisis data lingkungan sebagai upaya pelayanan jasa lingkungan kepada masyarakat.

Cakupan Bidang

  1. Bidang Pencemaran Lingkungan (kerusakan lingkungan akibat aktivasi industri dan alam)
  2. Bidang Konservasi dan Rehabilitasi (pemeliharaan dan pemulihan lingkungan alam dan lingkungan sosial)
  3. Bidang Sertifikasi (jasa edukasi sanitasi-higienes, bahan kontaminan, dan jasa serfikat lingkungan)

 Lingkungan Laut

Last Updated ( Tuesday, 26 November 2013 10:16 )