You are here:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hangtuah Surabaya

Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis

E-mail Print PDF

Latar Belakang

 Pusat Studi Kewirausahaan dan Inbis Universitas Hang Tuah (PSKI UHT) adalah sebuah pusat  studi di lingkungan UHT sebagai perwujudan keinginan Tim Perintis dalam upaya menggalakkan kegiatan kewirausahaan (entrepreneurship) di lingkungan UHT. Sebagaimana diketahui bahwa jumlah wirausahawan di Indonesia masih kurang dari 1 % dari jumlah penduduk Indonesia yang jauh tertinggal dari negara tetangga di tingkat regional maupun internasional.

Eksistensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah diakui sanggup dan kokoh menghadapi badai krismon 1998. Jumlah wirausahawan baru telah digalakkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dengan mengadakan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang dicanangkan oleh Presiden SBY pada tanggal 15 Maret 2013 yang lalu di Gelora Bung Karno Jakarta.

Keberadaan inkubator bisnis di sebuah perguruan tinggi diperlukan untuk membantu anggota sivitas akademika utamanya mahasiswa yang memiliki usaha untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan usahanya. Disamping itu inkubator bisnis juga berperan untuk memotivasi calon wirausahawan baru, dan mewujudkan ide bisnisnya menjadi usaha nyata.

Berdirinya Pusat Studi Kewirausahaan dan Inbis Universitas Hang Tuah (PSKI UHT) di lingkungan Universitas Hang Tuah diharapkan dapat menjadi jawaban atas munculnya berbagai upaya dan gerakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, dinas-dinas (SKPD) terkait maupun perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik swasta (BUMS) tentang kewirausahaan. Dengan demikian pusat studi ini dapat  bermanfaat bagi masyarakat melalui peran sertanya yang lebih aktif dan nyata.

 Visi

Menjadi pusat pengembangan kewirausahaan dan inkubasi bisnis yang unggul dan  berkembang bagi sivitas akademika Universitas Hang Tuah.

 Misi

1.      Menjadi pusat studi yang mampu menghimpun data tentang kegiatan sivitas akademika UHT di bidang kewirausahaan, data sivitas akademika UHT yang menjadi wirausahawan;

2.      Melakukan pengkajian dan menggalakkan minat dan bakat calon wirausahawan baru di lingkungan UHT dengan cara menggalakkan kegiatan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan kepada sivitas akademika UHT;

3.      Menjadi pusat studi yang mampu mengakomodasi kebutuhan calon pengusaha dan wirausahawan pemula di lingkungan UHT agar dapat tumbuh dan berkembang melalui pendampingan dan konsultasi di dalam inkubator bisnis.

4.      Menjadi bagian yang mendorong UHT untuk aktif menggalakkan kegiatan yang dapat menghasilkan pemasukan dana (income generating revenue) untuk penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.

Deskripsi dan Strategi Pengembangan

 1.       Bidang Pendidikan Kewirausahaan

Mengembangkan Pendidikan entrepreneurship di Universitas Hang Tuah.

Strategi Pengembangannya adalah:

·         Pengembangan Kurikulum dan Proses Belajar Mengajar (PBM) yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

·         Pendidikan dan Praktek  entrepreneurship bagi mahasiswa.

 2.       Bidang Inkubator  Bisnis

Mengembangkan potensi bisnis Universitas Hang Tuah menjadi unit bisnis dengan hak paten Universitas maupun bukan hak paten universitas, serta berkembangnya perekonomian masyarakat melalui inkubator bisnis pada UMKM.

Strategi Pengembangannya adalah:

·         Mengembangkan budaya bisnis pada Laboratorium, Bengkel, UPT di lingkungan UHT.

·         Memfasilitasi produk hasil riset agar bisa dipatenkan dan berlisensi.

·         Meningkatkan jejaring dengan industri dan pemerintah untuk pengembangan bisnis melalui program inkubasi bisnis.

 3.       Bidang Unit Bisnis Kampus

Meningkatkan pendapatan Universitas Hang Tuah melaui pengembangan usaha Komersial sebagai sumber untuk mendukung pembiayaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, (income generating revenue).

Strategi Pengembangannya adalah:

·         Mengembangkan usaha mandiri dengan investasi dan manajemen dari Universitas Hang Tuah.

·         Mengembangkan usaha kerjasama dengan pihak investor dengan manajemen dari pihak UHT dan/ bersama-sama.

·         Mengembangkan usaha mandiri dengan spin off model pada alumni yang dibentuk karena jasa dan dengan hak paten UHT.

 Mengembangkan usaha kerjasama dengan usaha kecil menengah (UKM) dengan start-up model.

 

 

INBIS

 

Last Updated ( Tuesday, 26 November 2013 10:15 )