You are here:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hangtuah Surabaya

Medicolegal

E-mail Print PDF


Latar Belakang
    Pusat Studi Medikolegal Universitas Hang Tuah ( PSML UHT ) adalah sebuah pusat studi di lingkungan UHT sebagai perwujudan keinginan tim perintis dalam upaya membina dan melindungi praktisi kesehatan di lingkungan universitas Hang tuah dan RSAL DR Ramelan Surabaya.Sebagaimana di ketahui, maraknya tuntutan masyarakat terhadap tenaga kesehatan di indonesia serta keawaman masyarakat indonesia akan hukum kesehatan,membuat banyaknya tudingan miring terhadap tenaga kesehatan di indonesia.
    Sebagai praktisi kesehatan yang berkecimpung di bidang medikolegal,melalui wadah seperti kajian pusat studi medikolegal, bekerja sekuat tenaga untuk menjembatani adanya jenjang perbedaan tentang pengertian hukum kesehatan dan hukum umum kepada praktisi kesehatan yang berada di universitas Hang Tuah dan RSAL DR Ramelan Surabaya. disamping itu Tim Kajian medikolegal juga memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkannya,sehingga sebagai  pusat layanan hukum kesehatan. dan masyarakat sebagai pengguna jasa layanan hukum kesehatan dapat mengambil manfaatnya.
    Berdirinya kajian pusat studi medikolegal di harapkan sebagai salah satu sumbangsih dan kontribusi ilmu pengetahuan  tentang medikolegal terhadap praktisi kesehatan dan masyarakat umum  atas banyaknya pandangan miring masyarakat terhadap praktisi kesehatan .

visi :
Menjadikan pusat studi medikolegal universitas hang tuah sebagai pusat pelayanan hukum kesehatan yang mampu berintergrasi dan berkontribusi langsung dan tidak langsung dengan rumah sakit pendidikan kedokteran dan rumah sakit jejaring serta masyarakat pengguna jasa layanan hukum kesehatan.

Misi :
Memberikan pelayanan dan perlindungan hukum kesehatan kepada universitas hang tuah dan Jajaran rumah sakit pendidikan pendukungnya.

Bentuk kegiatan :
- Memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang hukum kesehatan bagi para dokter,dokter gigi,perawat dan tenaga kesehatan yang bertugas  di jajaran rumah sakit pendidikan kedokteran.
-Memberikan kontribusi langsung berupa perlindungan hukum kesehatan akibat kelalaian medik dan mal praktek yang menimpa semua unsur tenaga kesehatan di jajaran rumah sakit pendidikan kedokteran.
-Melayani masyarakat umum dan menjalin kerja sama dengan  lembaga-lembaga kesehatan sebagai pengguna jasa layanan kesehatan dengan membuat unit jasa komersial berupa jasa konsultasi,penyuluhan, dan pendampingan dalam bidang hukum kesehatan serta unsur pelayanan medikolegal yang terkait di dalamnya.



medicolegal
Last Updated ( Tuesday, 26 November 2013 10:15 )